• Wisata Jawa Bali
Mengenal Daerah Istimewa Yogyakarta

Mengenal Daerah Istimewa Yogyakarta

Jogja…Jogja…Jogja Istimewa..
Istimewa negrinya Istimewa orangnya…

Pernah dengar lagu itu gaes..?
Yap…itu adalah lagu yang menceritakan Jogja yang Istimewa. Yang diciptakan oleh Kill The DJ Pada tahun 2009 dan populer di kalangan anak muda Jogja.

Apa to keistimewaan Jogja..?
Secara pemerintahan, Daerah Istimewa Jogjakarta diberi status Istimewa karena pemerintahan di daerah setingkat Propinsi ini diperintah oleh seorang Sultan dan wakil Gubernurnya seorang Adipati. Dimana keberadaan pemerintahan ini sudah ada sejak tahun 1755 Masehi, jauuh sebelum Republik Indonesia lahir pada th 1945.

Dahulu wilayah kekuasaan Kesultanan Yogyakarta tidak hanya seperti yang ada sekarang. Tapi juga meliputi beberapa kabupaten di Jawa Tengah juga seperti : Madiun, Gombong, Purworejo dll..

Pemerintah Republik Indonesia memberikan status Istimewa pada DI Yogyakarta karena menghormati kedaulatan yang dulu pernah ada dalam Kesultanan Yogyakarta.
Selain itu karen peran besar Keraton Yogyakarta pada masa perlawanan penjajahan untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

Setelah Soekarno Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, Kraton Yogyakarta tetap berperan besar pada tumbuhnya negara muda Indonesia ini.

Pada waktu itu Sri Sultan Hamengku buwana IX memberikan sebagian besar harta keraton kepada Soekarno untuk membiayai operasional pemerintahan Republik Indonesia yang belum punya apa apa. Untuk menggaji para pelaksana negara..membeli peralatan yang diperlukan untuk menunjang ketahanan pertahanan RI dll.
Sri Sultan HB IX juga menyatakan bahwa keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah bagian dari Republik Indonesian . Jogjakarta dengan segala kekuatan akan mendukung Republik Indonesia.

Karena jasa jasa dan sumbangsih yang besar di masa lalu itulah maka Pemerintah RI memberikan status Istimewa untuk Yogyakarta dengan memberikan keleluasaan untuk menyelenggarakan pemerintahannya sendiri seperti sedia kala…yaitu Dipimpin oleh Sultan dan Adipati Paku Alam.
Sri Sultan adalah pejabat Gubernur dan Paku Alam adalah wakil Gubernur yang membawahi Propinsi DI Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari empat Kabupaten yaitu : Sleman, Kulon Progo, Bantul dan Gunung Kidul serta Kota Jogjakarta sebagai Ibukota Propinsi DI Yogyakarta

Meskipun terbagi dalam empat kabupaten dan satu kota, semua penduduk yang tinggal di wilayah ini tetap disebut sebagai orang Yogya.

Keempat Kabupaten ini mengelilingi kota Yogyakarta sebagai city center.

Kalo kalian dolan ke Yogya, biasanya yang kalian ketahui hanya Malioboro, Kraton , Tugu, pasar Beringharjo..Benteng Vredeberg, Tamansari, Alun alun..Titik nol kilometer…yang ada di pusat kota ?

Cobalah jelajah lebih jauh lagi ke Sleman fren..
Di Sleman banyak tempat wisata alam yang menarik..antara lain :

Kaliurang, Candi Prambanan , Candi Boko, Candi Kalasan, Candi Sari dll
Di Kaliadem, desanya Mbah Marijan almarhum ada wisata Lava Tour dengan Jeep. Kalian akan dibawa jalan jalan menikmati
Pemandangan yang indah .

Di Kulon Progo ada banyak air terjun di Perbukitan Menoreh. Ada juga waduk Dermo , salah satu waduk terbaik di Indonesia dengan pemandangan yg cantik dan sejuk.
Oyaaa tahun 2020 Kulon Progo punya Bandara Internasional baru lhoo…yang akan menggantikan operasionalnya bandara Adisucipto di Maguwo Sleman yang sudah tidak mencukupi kapasitasnya.

Ke Bantul kalian akan disuguhi pantai pantai legendaris dan mistis seperti Parangtritis atau Parangkusumo dll. Pernah kesana..? Punya kenangan disana..?

Ke Gunung Kidul kalian akan dibawa ke pantai pantai indah berpasir putih seperti pantai Sepanjang..Krakal Kukup..pantai Jogan, Nglambor, pulang sawal / Indrayanti dll
Ada juga banyak tempat untuk mengasah adrenalin kalian yaitu ke pantai Timang..Luweng Sampang..Kalisuci cave Tubing ..Gua Pindul cave tubing dll.
banyak sekali.

Tunggu apa lagi..? Yook aku antar bertualang ke Yogyakarta.. Daerah Istimewa..yang benar benar Istimewa.

Mau tau lebih banyak..? Silakan hubungi disini

Salam pariwisata..

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.